2019Februari09

106

Istilah kata junk food sudah sangat sering kita dengar di telinga, junk food yaitu nama keren dari jenis makanan instan atau makanan cepat saji.  Jenis makanan ini sangat diminati oleh banyak orang, baik di kalangan anak-anak,remaja, sampai orang dewasa. Dikarenakan banyak orang beranggapan  bahwa jenis makanan ini lebih praktis, sehingga makanan ini sudah sangat berkembang pesat khususnya di Indonesia ini.

Junk food memang sangat mudah kita temukan, sudah banyak perusahaan-perusahaan yang bergelut di dunia jenis makanan ini, sehingga menimbulkan persaingan yang sangat ketat  antara perusahaan makanan yang satu dengan perusahaan makanan lainnya.

Memang sering sekali kita mendengar bahwa junk food memiliki cita rasa yang tinggi (lezat) , tetapi apakah kita tahu bahwa junk food  tidak baik untuk kesehatan?

Junk food  tak sekeren namanya, memang Junk food sangat enak/lezat pas kita rasakan di mulut, apakah kita pernah berpikir gimana dampak jenis makanan ini terhadap organ di dalam tubuh kita?

Dunia kesehatan sudah sering mengatakan bahwa makan cepat saji atau istilah kren nya junk food ini memiliki indikasi dampak buruk bagi tubuh kita, kenapa? Karena, junk food ini memiliki kandungan zat yang berbahaya bagi organ tubuh.

Kita jangan tergiur hanya karena rasanya yang sangat lezat dan juga harganya terjangkau,  tapi coba sesekali pikirkan apa dampak jika kita mengonsumsi makanan ini setiap hari dengan jangka waktu yang panjang? kita pasti tahu junk food juga bisa tahan lama , tahan berhari-hari sampai berbulan-bulan, apakah kita tidak pernah bertanya mengapa bisa tahan sampai waktu yang cukup lama dan tidak mengubah rasa apapun pada jenis makanan tersebut? Sedangkan makanan yang kita masak di rumah sehari saja kita biarkan pasti sudah mengeluarkan bau yang sudah tak sedap dan rasa berubah.

Dunia kesehatan mengatakan bahwa jenis makanan ini  jangan dikonsumsi sesering mungkin, mengapa? karena di dalam jenis makanan ini banyak mengandung zat kimia atau di sebut bahan pengawet yang dapat membuat makanan ini bisa bertahan dengan waktu yang cukup lama. Dan mengapa rasanya sangat menggugah, karena makanan ini dibantu dengan penyedap rasa atau sering kita sebut dengan micin. Zat-zat ini sangat tidak baik untuk tubuh kita terlebih organ yang ada didalam tubuh.

Coba bayangkan jika makanan ini terus kita konsumsi dengan jangka waktu yang cukup lama, apa yang terjadi dengan organ di dalam tubuh kita. Dunia kesehatan sangat sering mengatakan untuk tidak bergantung dan mengonsumsi makanan ini sesering mungkin, karena jika makanan ini kita konsumsi terus menerus maka zat kimia/zat berbahaya yang ada dimakanan tersebut akan tertimbun di dalam tubuh kita dan dapat memunculkan penyakit di kemudian hari.  Misalnya penyakit berbahaya yang saat ini sudah sering sekali kita dengar yaitu Kanker, anemia plastik, diabetes, penyakit jantung, obesitas, keracunan makanan dan masih banyak lagi.

Jadi ini boleh menjadi pengetahuan kita, sebagai manusia yang ingin selalu sehat, mulailah menyayangi diri sendiri dengan mengonsumsi jenis makanan yang sehat.

Responses

Leave your comment