2015Juni29

422

BeliPulsa.id - Walaupun puasa, traveling tetap bisa dilakukan. Memang ada berbagai tantangan, termasuk bagaimana sahur yang nyaman walaupun sedang traveling. Berikut 6 tips makan sahur saat traveling yang bisa dicoba.

  

Makan sahur ketika traveling sangat penting agar traveler tetap kuat dalam menjalankan ibadah puasa. Ketika traveling pun masih ada berbagai cara agar bisa menikmati santapan sahur dengan nyaman. Disusun detikTravel, Senin (29/6/2015) inilah 6 tips makan sahur saat traveling:

1. Cari Informasi Tempat Makan yang Buka 24 Jam

Sebelum berangkat, cari tahu dulu apakah ada tempat makan yang buka selama 24 jam, di tempat yang akan Anda kunjungi. Jika sudah mengetahui tempatnya, Anda tidak perlu kerepotan dan kehabisan waktu sahur untuk mencari restoran ketika dini hari.

  

Cari tahu juga apakah tempat makan itu selalu penuh untuk sahur sejak pukul berapa. Sehingga Anda bisa mengira-ngira jam berapa akan di tempat tersebut agar tidak kehabisan kursi.

2. Ketahui Waktu Sahur dan Imsak

Beda daerah, biasanya beda pula waktu untuk sahur dan pukul berapa imsaknya. Maka, penting sekali untuk mendari informasi akurat tentang waktu sahur dan imsak di tempat yang Anda tuju. Hal ini bisa mencegah Anda terlambat menikmati santapan sahur. 

 

    

 

3. Bawa Bekal Makanan Untuk Jaga-jaga

Bekal makanan serta alat makan seperti sendok penting untuk dibawa. Kalau misalnya Anda sudah mencari informasi tempat makan, tapi lokasi tersebut sulit dijangkau sebelum waktu imsak tiba, bekal ini akan berguna untuk santapan sahur Anda. 

  

 

4. Siapkan menu makanan yang mengandung karbohidrat

      Kompleks 

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sebaiknya dikonsumsi dalam porsi yang cukup ketika sahur. Sebabnya, karbohidrat kompleks tidak mudah dicerna tubuh dan dapat menimbulkan rasa lebih lama. Contoh makanannya antara lain beras merah, jeruk, kol, lobak, kacang merah dan lain sebagainya. Dengan rasa kenyang yang lebih lama, traveling pun jadi lebih nyaman.

  

 

5. Siapkan Air Putih yang Cukup

Air sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Karena rasanya tidak enak jika minum air sekali banyak saat sahur, minumlah air putih sedikit demi sedikit sejak sebelum tidur. Jika Anda juga sempat beberapa kali terbangun, minumlah air putih agar kebutuhan cairan Anda tercukupi. 

   

 

6. Bawa Tisu

Baik tisu basah maupun kering sebaiknya dibawa ketika traveling karena memang bermanfaat. Misalnya ketika dalam perjalanan Anda tidak dapat menemukan restoran dan harus sahur di dalam mobil. Maka tisu akan berguna untuk mengelap alat makan serta membersihkan noda, jika tiba-tiba makanan Anda jatuh ke pakaian.

  

 

BeliPulsa.id

 

Redaktur Reza Ananda 

Responses

Leave your comment